24 C
id

Gubernur NTB Pastikan Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar WSBK 2022

Keterangan Foto: Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah.


iteNTB - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah memastikan kesiapan daerah termasuk sirkuit Mandalika untuk menggelar balap motor World Superbike pada 19-21 Nopember 2021.


Hal ini disampaikan Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dalam rapat koordinasi bersama Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Perekonomian di kantor ITDC, Kuta, Lombok Tengah, Minggu (26/9/2021).


Meskipun sempat terkendala logistik dan entry data capaian vaksinasi, Gubernur Dr Zulkieflimansyah mengatakan, vaksinasi khusus Lombok Tengah akan mencapai 70 persen dalam minggu ini. 


"Secara keseluruhan NTB vaksinasi sudah 40 persen dan Lombok Tengah hari ini sudah 50 persen meski dilapangan angka itu lebih besar dari data yang dikirim ke pusat," ujarnya. 


Kesiapan lainnya kata Gubernur NTB juga sudah sangat siap digunakan seperti bandara, jalan bypass Mandalika, rumah sakit dan lainnya. 


Sementara itu, Sekretaris Daerah Lombok Tengah, L Firman Wijaya mengatakan, pihaknya siap mendukung pemerintah provinsi dalam meyukseskan WSBK. Hanya saja ia meminta penyelenggara benar benar menyiapkan area UMKM khusus bagi masyarakat Loteng. 


"Karena potensi ekonomi dari gelaran kelas dunia ini sangat besar. Kami khawatir hanya akan jadi penonton orang yang menonton," kata Firman. 


Ia meminta penyelenggara memasukkan potensi masyarakat kedalam skenario bubble travel. Pemkab Loteng juga telah menyiapkan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bagi aktifitas sirkuit dan KEK Mandalika. 


Balap seri pemungkas musim kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) resmi digelar di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.


Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah optimis, persiapan pemerintah provinsi menyukseskan balap seri terakhir musim kejuaraan dunia tersebut telah rampung. 


Sebelumnya, WSBK rencananya digelar tanggal 12-14 November 2021, namun di undur satu pekan ke tanggal 19-21 November 2021 yang menurut Mandalika Grand Prix Association selaku penyelenggara dalam keterangannya menyampaikan bahwa, salah satu alasan diundurnya ajang balap WSBK di Mandalika dari tanggal aslinya, yakni 12-14 November, karena adanya pertimbangan logistik dan pengiriman barang.


Selain itu, balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis, namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia.


Kendati kalender MotoGP 2022 belum dirilis oleh Dorna Sports, Sirkuit Mandalika sudah mendapatkan slot untuk menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari, satu pekan berselang setelah tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia.


Kondisi ini memungkinkan persiapan lain seperti skenario pergerakan penonton pra dan pasca gelaran, peta sebaran akomodasi dan protokol kesehatan dipastikan berjalan sesuai rencana.


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4