24 C
id

Kodim 1628/SB Tanam Ratusan Ribu Bibit Mangrove di Kawasan Pelabuhan Poto Tano

Keterangan Foto: Anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat bersama Anggota KPH Puncak Ngegas, KRPH Seteluk melaksanakan penanaman 148.500 pohon mangrove di kawasan Pelabuhan Poto Tano, Rabu (22/12/2021).


iteNTB - Anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat bersama Anggota KPH Puncak Ngegas, KRPH Seteluk melaksanakan penanaman 148.500 pohon mangrove di kawasan Pelabuhan Poto Tano, Rabu.


Penanaman pohon mangrove ini juga melibatkan personil Koramil 1628-04/ Poto tano, Koramil 1628-03/Seteluk, Staf teritorial Kodim 1628/Sumbawa Barat.


"Kodim 1628/SB akan terus melaksanakan pendampingan setiap kegiatan positif seperti halnya bersama KPH Puncak Ngengas menanam mangrove disepanjang pesisir Desa Poto Tano," kata Kasdim 1628/Sumbawa Barat, Mayor Inf Dahlan dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Rabu.


Ia menegaskan, pentingnya penaman mangrove bagi kelestarian alam khususnya di daerah pesisir pantai khususnya biota laut habitat hewan kecil, mengingat mangrove atau hutan bakau merupakan habitat bagi banyak jenis ikan, udang, dan moluska berfungsi sebagai rantai makanan.


"Fungsi lain yakni sebagai pelindung kawasan pesisir pantai, melindungi laut dari lumpur dan air lebih jernih selain itu juga memiliki fungsi ekonomis di antaranya tempat berlabuh kapal, sebagai kayu bakar, sebagai tempat berkembang biak hewan laut yang tentu hasilnya dapat dirasakan manfaat bagi nelayan disekitar," terangnya.


Untuk itu pihaknya mengapresiasi kepada KPH Puncak Ngengas yang telah bersama Kodim melaksanakan penanaman mangrove.


"Kegiatan ini akan dilanjutkan sampai beberapa hari kedepan sampai semua bibit tertanam semoga semuanya dapat tumbuh berkembang seperti yang kita harapkan," kata Kasdim.


Kepala Report Hutan Seteluk Rusdi menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kodim 1628/SB atas kepedulian kebersamaan menamam pohon mangrove di Poto Tano dengan jumlah pohon 148.500 pohon dengan 675 rumpon perumpon akan ditanami 220 pohon diatas lahan 45 hektare tersebar sekitar Poto Tano.


"Untuk lokasi penanaman hari ini sekitar 105 rumpon," ujarnya.


Selama kegiatan menerapkan SOP Protokol COVID-19 mengingat sampai dengan saat ini masih dalam suasana bencana non alam COVID-19.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4