24 C
id

Pulau Lombok Diterjang Banjir

Keterangan Foto: Tim evakuasi melakukan penyelamatan terhadap warga yang terdampak banjir di sejumlah wilayah di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/12/2021). (Foto SAR Mataram).


iteNTB - Sejumlah wilayah di kabupaten dan kota di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dilanda banjir, Senin (6/12/2021).


Kabid Kedaruratan BPBD NTB, Abdul Gani mengatakan berdasarkan data sementara wilayah yang dilanda banjir di Kabupaten Lombok Barat, terjadi di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Gunung Sari, Batu Layar dan Sekotong.


Untuk wilayah Kecamatan Gunung Sari meliputi Desa Kekait, Desa Wadon, Desa Guntur Macan, BTN Bhayangkara Residen, BTN Pondok Sesela, dan Taman Sari.


Untuk Desa Kekait jumlah warga yang terdampak lebih dari 45 KK, Wadon lebih 12 KK, BTN bhayangkara lebih 200 KK, Guntur Macan lebih 7 KK, BTN Pondok Sesela lebih dari 125 KK dan Taman Sari lebih dari 15 KK.


Selanjutnya di Kecamatan Sekotong meliputi Desa Pelangan meliputi Dusun Pelangan dengan jumlah warga terdampak 230 KK, Dusun Pelangan Tengah 150 KK, Dusun Tirta Sari 100 KK, Pelanggan Dalam 70 KK, Selindungan 179 KK, Pelangan Timur 260 KK, Kembang Teb 80 KK, Tanak Abang 40 KK, Bawak Bagek 113 KK.


"Total secara keseluruhan warga yang terdampak di Kecamatan Sekotong ada 1.222 KK atau 3.985 jiwa," terangnya.


Kemudian di Kecamatan Batu Layar Lombok Barat dari laporan masih dalam pendataan dan Kota Mataram terjadi di Lingkungan Selagalas, dan Kekalik. Banjir juga menerjang Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Utara.


Menurutnya, penyebab banjir yang melanda sejumlah wilayah di Pulau Lombok itu disebabkan intensitas hujan yang tinggi yang sejak Minggu (5/12) hingga Senin pagi (6/12). Akibatnya, rumah-rumah warga menjadi terendam sampai dada orang dewasa.


"Sampai saat ini TRC- BPBD bersama tim Basarnas, TNI/Polri sedang melakukan upaya evakuasi warga dan berdasarkan laporan sementara belum ada laporan korban jiwa," katanya.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4