24 C
id

BUMD, BUMN dan Swasta di NTB Diminta Fasilitasi UMKM Untuk MotoGP

Keterangan Foto: Ilustrasi UMKM


iteNTB - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mendorong BUMN, BUMD, dan swasta di wilayah itu untuk ikut berperan dan menfasilitasi UMKM lokal bisa tampil dan menjual hasil produknya pada perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika 18-20 Matet 2022 mendatang.


"Difasilitasi sarana dan prasarannya, agar mudah menjual produknya, sehingga pelaku UMKM se-NTB yang akan berpartisipasi diajang MotoGP, tidak mengalami kesulitan untuk memperoleh tempat atau stand, tenda, meja dan lainnya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, H Lalu Gita Ariadi di Mataram, Jumat.


Menurut Sekda, peran BUMD, BUMN dan pihak swasta, akan bertanggungjawab menfasilitasi UMKM yang telah dibagi beberapa titik. Tidak hanya itu, UMKM juga harus diedukasi agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas karya maupun produknya. 


"Karena bukan hanya angka pengunjung yang ditarget, namun nilai ekonominya juga harus dirasakan masyarakat," ujarnya.


Oleh karena itu, produk yang akan dipasarkan harus produk terbaik. Baik itu produk dari UMKM kuliner, fashion, kerajinan, industri otomotif, tenun dan lainnya.


"Kali juga menekankan agar produk kuliner harus diperhatikan kesehatan dan kebersihannya," terang Gita Ariadi.


UMKM dari Pulau Sumbawa juga, diberi ruang dan dimobilisasi untuk dapat hadir di Sirkuit Mandalika. Mengingat angka pengunjung yang akan menonton MotoGP sebanyak 100.000 orang atau lebih banyak dari penonton WSBK yang hanya 25.000 orang.


Sekda juga mengingatkan agar mempersiapkan dengan baik keberadaan UMKM ini. Selain di Mandalika, ditempat-tempat publik baik diseluruh Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara dan Mataram, harus ada usaha-usaha kuliner masyarakat yang siap menjajal produknya.


"UMKM dan usaha masyarakat lain harus banyak, baik di kawasan Mandalika hingga se Lombok, sebab orang ingin juga menikmati keindahan alam kita," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Ahmad Mashuri juga berharap BUMD dan BUMN termasuk swasta dapat memaksimalkan peran UMKM, termasuk binaannya di MotoGP.


"Jumlah UMKM kita sampai dengan September 2021 itu da 103.284 UMKM ,bahkan jumlahnya akan bertambah bila masuk laporan update dari kabupaten/kota se-NTB," kata Mashuri.


Sedangkan yang terlibat pada event WSBK 2021 lalu, sebanyak 330 UMKM. Sementara, pada MotoGP telah dibagi beberapa titik lokasi UMKM. 


"Diareal sirkuit ada 5 titik, parkir barat 1 titik, dan 3 titik di dalam sirkuit," ujarnya.


Menurutnya, dari jumlah UMKM itylu, sebanyak 70-80 persen adalah UMKM yang bergerak pada sektor kuliner.  Sedangkan 20-30 persen UMKM lainnya.


"Misalnya di parkir timur, ada 30 UMKM makanan dan minuman. Mereka ini  disponsori PT Aman Mineral, BRI dan PNM, yang menfasilitasi tenda ber AC, meja, kursi, flooring dan instalasi listrik," katanya.




Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4