24 C
id

Pengamat Olahraga Apresiasi Rencana NTB dan Barcelona Bangun Sekolah Sepak Bola

Keterangan Foto: Pengamat Olahraga NTB, Iskandar.


iteNTB - Rencana klub raksasa Laliga Spanyol, FC Barcelona membangun sekolah sepak bola (SSB) di Nusa Tenggara Barat mendapat apresiasi dan dukungan luar biasa dari masyarakat di provinsi itu. 


Pengamat olahraga NTB, Iskandar mengaku juga mengapresiasi langkah Pemprov NTB bersama Barcelona untuk membangun SDM olahraga khususnya sepak bola di wilayah itu.


"Saya apresiasi langkah pemprov untuk membangun SDM olahraga kita khususnya sepak bola, karena ini akan menjadi ruang restorasi perubahan sepak bola di NTB, bahkan Indonesia," ujarnya di Mataram, Rabu (26/1/2022).


Nando sapaan akrabnya menilai, langkah Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah membuka ruang komunikasi dan berdialog dengan pihak klub raksasa Laliga Spanyol itu sangat luar biasa dan publik harus mengapresiasi hal itu. 


Sebab dari komunikasi tersebut bukan hanya membuka investasi soal pembangunan secara fisik keolahragaan, melainkan ini juga bernilai tinggi buat branding promosi pariwisata daerah. Terlebih NTB saat ini menjadi destinasi "sport tourism" di Indonesia.


"Adanya kerja sama pemprov dengan pihak Barcelona untuk membuka sekolah sepak bola bagaikan mimpi di siang bolong untuk para pegiat sepak bola. Karena wali murid dulu yang anaknya banyak  sepak bolanya di luar daerah sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi, karena di NTB sudah ada yang standar internasional," tegas Nando.  


Tak hanya itu, menurut anggota Komite Teknik dan Pengembangan Asprov PSSI NTB ini, kehadiran SSB Barcelona tentu menjadi semangat masyarakat NTB, baik yang ada di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa untuk bisa melihat antusiasme putra putrinya ikut mendaftarkan diri untuk berlatih sepakbola, sehingga lahir bibit-bibit pemain sepak bola berkualitas yang kedepannya bisa membawa nama harum NTB di kancah nasional maupun internasional.


"Pemprov sudah punya fasilitas pendukung walau minim, sambil jalan untuk dibenahi nantinya. Tapi apapun itu baru kali ini ada kepala daerah yang mau membangun industri sepak bola di NTB. Saya benar-benar tidak menyangka Ibu Wakil Gubernur NTB diam-diam hobi olahraga sepak bola juga," katanya.


Diketahui klub raksasa Laliga Spanyol, FC Barcelona berencana membangun sekolah sepak bola di NTB. Hal ini mengemuka saat Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah menggelar pertemuan dengan Kepala Pengembangan Bisnis - APAC FC Barcelona, Stephanie Chen dan Manajer Kemitraan Komersial, Asia Tenggara dan Oseania FC Barcelona, Diani NM secara daring dari ruang kerjanya di Mataram, Selasa (25/1/2022).


Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, rencana mendirikan sekolah bola oleh salah satu klub sepak bola ternama dunia FC Barcelona selain untuk mencari ajang potensi pemain bola internasional juga sebagai wisata. 


"Kami sangat mendukung anak muda untuk mengembangkan bakat olahraga khususnya sepak bola dan terbuka dengan kerjasama mengembangkan sport tourism," ujarnya.


Ia mengatakan, NTB sangat terbuka dengan rencana kerjasama ini, mengingat NTB juga sebagai salah satu provinsi yang akan mengembangkan konsep "sport tourism".


Oleh karena itu, Rohmi berharap, rencana sekolah sepak bola FC Barcelona dapat dimatangkan terlebih dengan rencana investasi sport tourism melalui global sport management mereka. 


Stephanie Chen, Head of Business Development - APAC - FC Barcelona mengatakan, konsep sekolah bola yang telah dibangun oleh FC Barcelona di banyak negara dan keberhasilannya selain memperkenalkan kerjasama bisnis yang mengelola komunitas penggemar klub FC Barcelona. 


"Dengan potensi fans Barcelona yang besar di seluruh dunia dan Indonesia sebagai pasar paling potensial akan membuat kerjasama bisnis berkembang," ujar Chen. 


Sementara itu, Diani NM selaku Commercial Partnership Manager, Southeast Asia & Oceania - FC Barcelona yang juga putri asli NTB ini mengatakan, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh NTB jika hal ini terealisasi.


"Mulai dari pelatih profesional yang berpengalaman, hingga mendatangkan pemain-pemain legendaris FC Barcelona," katanya.


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4