24 C
id

20 Klien Bapas Mataram Ikuti Pelatihan Pembuatan Kerajinan Cukli

Keterangan Foto: Klien Balai Pemasyarakatan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan khas Pulau Lombok, Cukli, Rabu (16/3/2022).


iteNTB - Sebanyak 20 orang klien Balai Pemasyarakatan Mataram, Nusa Tenggara Barat mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan khas Pulau Lombok, Cukli.


Kepala Bapas Mataram, Sudirman mengatakan pemberian keterampilan tersebut diharapkan bisa menjadi bekal kemandirian bagi para klien.


"Kita berharap mereka yang mengikuti pelatihan ini bisa menyerap ilmu dengan baik, sehingga bisa menjadi bekal bekerja nantinya," ujarnya pada pembukaan Pelatihan Meubelair Cukli Tahap I dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Rabu (16/3/2022).


Selain itu, Sudirman berharap pelatihan ini bisa menjadi salah satu peluang bagi klien untuk bisa bersaing di pasar tenaga kerja nantinya. Oleh karena itu, pihaknya sangat terbuka bagi klien yang berprestasi untuk bisa bergabung di Bengkel Cukli Bapas Mataram.  


"Bagi klien yang memang punya potensi, kami terbuka untuk mereka bisa bergabung di bengkel Cukli," tegas Sudirman.


Lebih lanjut Sudirman menyampaikan terima kasih kepada Kelompok Pemasyarakatan Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) yang bersedia menjadi instruktur dalam kegiatan bimbingan kemandirian tersebut. 


Sementara itu, produk kerajinan Cukli karya klien pemasyarakatan Bapas Mataram menuai pujian Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Utama. 


PK Ahli Utama Bambang Sumardiono, mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh Bapas Mataram dalam bidang Bimbingan Kemandirian. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pelatihan itu telah menunjukkan hasil yang baik. Bapas Mataram mampu menghasilkan produk-produk Cukli unggulan yang digadang mampu bersaing di pasaran. 


"Ini bagus. Bapas Mataram bisa buat program kegiatan yang bisa hasilkan produk unggulan," ujar Bambang saat mengunjungi Bengkel Cukli Bapas Mataram.


Bambang menambahkan, Bapas Mataram harus terus melakukan peningkatan pada kualitas produk Cukli yang dihasilkan . Salah satu strategi yang bisa digunakan yakni menghadirkan Quality Control (QC). Terkait QC, kata Bambang, Bapas Mataram bisa menjalin kerjasama dengan Pokmas Lipas. 


"Harus terus ditingkatkan kualitas produknya, bisa menghadirkan QC dari Pokmas Lipas yang ada di Bapas," katanya.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4