24 C
id

Pertemuan Y20 Peluang Promosi Pariwisata NTB di Mata Dunia

Keterangan Foto: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) HL Gita Ariadi saat memberikan keterangan pers IYD NTB Youth Conference 20 di Mataram, Kamis (13/4/2022).


iteNTB - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) HL Gita Ariadi mengatakan kegiatan Indonesia Youth Diplomasy (IYD) yang dipusatkan Kabupaten Lombok Barat pada 23-25 April 2022, menjadi peluang untuk mempromosikan pariwisata di provinsi itu di mata dunia.


"Sebagai tuan rumah, tentu ini peluang bagi NTB untuk bisa mempromosikan pariwisata kepada dunia internasional," ujarnya di Kantor Gubernur NTB di Mataram, Kamis.


Menurut Sekda, saat ini dunia pariwisata NTB sudah mulai bangkit. Hal ini tidak terlepas dari sejumlah kegiatan internasional yang sudah dilaksanakan. Salah satu yang menyita perhatian, yakni MotoGP di Sirkuit Mandalika. 


"Bahkan, jauh sebelum MotoGP, kita juga sudah digelar World Superbike (WSBK). Kedepan juga ada Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Sumbawa dan kegiatan lain salah satunya pertemuan Y20 ini," kata Gita didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Surya Bahari.


Untuk itu, pihaknya berharap pertemuan Y20 di NTB, tidak saja membawa angin segar bagi pariwisata daerah. Tetapi juga memberikan dampak yang cukup besar kepada pemuda terutama dalam mendukung transformasi digital. 


"Saat ini dunia sudah banyak berubah di mana semua sudah beralih ke era digital. Salah satu yang kini berkembang literasi keuangan berbasis digital. Oleh karena itu pemuda harus bisa mengambil peran terutama literasi keuangan digital," terangnya.


Sementara itu Ketua Panitia Pusat Michele Victor Sianipar mengatakan kegiatan NTB Youth Conference 20 akan dihadiri 23 perwakilan dari 20 negara yang masuk dalam anggota G20. Termasuk perwakilan dari pemuda dari negara-negara anggota ASEAN dan negara sahabat. Di antaranya Singapura, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA).


"Sedangkan yang bergabung secara virtual itu ada 80 orang," terangnya.


Michele berharap kegiatan ini memberikan dampak yang cukup besar bagi Indonesia, terutamanya NTB sebagai tuan rumah. Pasalnya, kehadiran para pemuda dari sejumlah negara ini harapannya membuat Lombok dan Sumbawa semakin lebih dikenal.


"Selain hadir secara fisik dan virtual, kami akan menghadirkan tayangan keindahan destinasi Lombok dan Sumbawa sehingga bisa mendongkrak pariwisata NTB," ujarnya. 


Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan ide-ide atau pun gagasan dari pemikiran pemuda NTB. Terutama dalam membangun digital tranformasi.


"Harapan kita dari pemikiran para pemuda ini ada rekomendasi yang bisa dihasilkan untuk kemudian bisa disampaikan dalam pertemuan tingkat tinggi negara-negara G20 pada Desember 2022," katanya.




 

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4