24 C
id

Pemprov NTB Libatkan 200 UKM di MXGP Samota

Keterangan Foto: Ilustrasi MXGP.

iteNTB - Dinas Koperasi dan UKM Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan sebanyak 200 pelaku UKM untuk terlibat dalam mendukung perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada 24-26 Juni 2022.


"Nanti sudah ada 200 tenda yang kita siapkan. Cuman kita belum tahu satu tenda itu bisa di muat berapa UKM dan berapa harga yang ditawarkan, karena semuanya diserahkan ke pihak ketiga," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB Ahmad Masyhuri di Mataram, Sabtu.


Ia mengatakan 200 UKM yang akan dilibatkan di perhelatan MXGP Samota, 80 persen bergerak di bidang kuliner, seperti makan dan minuman. Sedangkan sisanya, 20 persen bidang kerajinan seperti souvernir, mercaindaise, dan pakaian.


Dari 200 UKM tersebut, kata Masyhuri terbesar dialokasikan untuk UKM di Kabupaten Sumbawa dan empat kabupaten dan kota lain yang ada di Pulau Sumbawa.


"Kalau UKM yang dari Pulau Lombok itu sebesar 15 persen. Jadi, tidak banyak," ujarnya.


Masyhuri mengatakan nantinya seluruh UMK tersebut akan di tempatkan di areal sirkuit. Hanya saja, untuk lokasi UKM tersebut akan berjualan belum difinalkan dengan pihak panitia.


"Karena nanti selain di dalam areal sirkuit juga akan ada ditempatkan di lokasi camping ground. Cuman seperti apa kita juga belum tahu pasti," terang Masyhuri.


Di bandingkan MotoGP di Sirkuit Mandalika, biaya sewa yang akan dikenakan per UKM jauh lebih murah di  sekitar angka Rp5 juta. 


"Kalau di MotoGP itu Rp60 juta, maka di MXGP ini biaya sewanya kira-kira Rp5 juta," ujarnya.


Mantan Kepala Biro Kesra Setda NTB ini optimis dengan perhelatan MXGP Samota, sektor UKM dan UMKM di NTB terus tumbuh. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang akan datang selanjutnya diselenggarakan di NTB.


"Kita harus optimis dan tidak boleh pesimis, bahwa UKM dan UMKM kita akan sukses," katanya.


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4