24 C
id

Kaesang Pangarep dan Raffi Ahmad Didorong Jadi Ketua Umum PSSI

Keterangan Foto: Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep.

iteNTB - Pengamat olahraga dan sepakbola Nusa Tenggara Barat (NTB), Iskandar mendorong putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan artis Raffi Ahmad menjadi Ketua Umum PSSI.


"Saya berharap calon Ketua Umum PSSI selanjutnya bisa dipimpin Kaesang Pangarep atau Raffi Ahmad," kata Iskandar di Mataram, Jumat (17/6/2022).


Ia menilai, dua tokoh muda tersebut selama ini cukup konsen dalam bidang olahraga sepakbola. Tak hanya itu, keduanya sama-sama pengusaha dan sangat milenial serta mewakili semangat anak-anak muda tanah air.


"Kaesang dan Raffi Ahmad ini dua tokoh muda pengusaha dan kami anggap mampu, karena ada pengalaman apalagi memiliki klub yang sekarang merumput di Liga 1, sehingga ini bisa menjadi referensi bagi warga net untuk mendukung dua pemuda ini," ujarnya.


Untuk itu, ia memandang keduanya layak untuk dicalonkan dalam bursa Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan pada Kongres PSSI 2023 mendatang.


Terlebih kondisi PSSI saat ini dibawah kepemimpinan Mochamad Iriawan, menurutnya dalam kondisi biasa-biasa saja, di mana belum ada perubahan yang signifikan.


"Persoalan olahraga itu terletak pada  manajemennya, melihat kondisi saat ini kami menganggap kepemimpinan Ketum PSSI Mochamad Iriawan gagal mengelola sepakbola Indonesia," ucap Iskandar.


Selain itu, ia menilai rencana penggantian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong yang digaungkan Ketua Umum PSSI tersebut merupakan langkah yang keliru. Sebab menurut dia, apa yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah sangat baik. Ini terbukti dengan lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023.


"Jadi, rencana pergantian pelatih itu adalah langkah yang keliru. Pelatih Shin Tae-Yong sudah membuktikan mampu membawa perubahan bagi perkembangan Timnas Indonesia di masa depan. Dan itu yang dibutuhkan Timnas dan bangsa ini," ujarnya.


Oleh karena itu, ia memandang PSSI saat ini kurang inovasi untuk mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan dalam sepakbola Tanah Air. 


"Menjadi Ketua Umum PSSI ini harus tahu apa yang di inginkan pelatih dan kebutuhan dalam klub. Apa lagi ini sekelas skuat Timnas. Melihat kondisi ini saya rasa Iwan Bule sudah tidak mampu memberikan kontribusi untuk PSSI ke depan, langkah baiknya beliau istirahat saja dari PSSI saja," sambung Iskandar yang juga menjadi pengurus di Asosiasi PSSI Kota Mataram.


Apalagi lanjutnya, kondisi di dalam internal PSSI saat ini masih tidak kompak dalam mengurus organsiasi besar sekelas PSSI.


"Menjadi Ketum PSSI harus berani berkorban dan berinovasi untuk kemajuan sepakbola di tanah air ini. Sehebat apapun pelatih, tapi kalau tata kelola manajemen buruk maka tidak akan bisa memberikan perubahan yang signifikan bagi Timnas," katanya.


Diketahui Kaesang Pangarep menjadi sorotan netizen di media sosial. Karena ia mengaku bersedia menjadi Ketua Umum PSSI setelah mendapat saran dari warga net.


Kaesang Pangarep kemudian menyetujui saran netizen untuk menjadi Ketua Umum PSSI tersebut yang kemudian menjadi viral di dunia maya. 


Jawaban Kaesang mengundang respons beragam dari netizen. Sebagian besar warganet mendukung putra Presiden Joko Widodo itu untuk mereformasi pengurus PSSI.


Kendati demikian ada beberapa warganet yang meragukan kemampuan Kaesang untuk merombak kepengurusan PSSI yang dinilai terlalu didominasi wajah-wajah lama.


Saat ini Ketua Umum PSSI dijabat Mochamad Iriawan. Mantan Kapolda Metro Jaya itu tengah dihujani kritik dari warganet lantaran dinilai terlalu mendominasi pemberitaan di media resmi PSSI.







Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4