24 C
id

20 Suplier Ditetapkan Garap Proyek DAK Untuk SMA di Pulau Sumbawa

Keterangan Foto: Tangkapan layar daftar penerima DAK Fisik per kabupaten dan kota di NTB untuk SMA.

iteNTB - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menetapkan suplier yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang SMK Tahun Anggaran (TA) 2022.


Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Ketut Suardana mengatakan penetapan suplier pelaksanaan proyek DAK Bidang SMK Tahun Anggaran (TA) 2022 ditetapkan pada 19 Agustus 2022.


"Ada sekitar 20 SMK yang tersebar di Pulau Sumbawa yang telah ditetapkan nama-nama suppliernya," kata Ketut Suardana di Mataram, Senin.


Ia mengungkapkan pemilihan dan penetapan nama-nama supplier tersebut didasarkan pada seleksi yang ketat dengan terlebih dahulu memverifikasi kelengkapan administrasi yang diajukan oleh sejumlah calon supplier, seperti identitas supplier yang jelas dengan dibuktikan lampiran KTP. Kemudian, kelengkapan izin usaha yang dibuktikan dengan surat keterangan usaha dari desa atau lembaga yang berwenang.


"Ada juga bukti keterangan dari desa bahwa supplier tersebut memiliki gudang penyimpanan material. Gudang penyimpanan material juga diukur dari luas gudang tersebut, di bawah 200 meter persegi atau diatasnya. Ada juga surat keterangan desa tentang memiliki penyimpanan material," ucapnya.


Selain itu, lanjutnya, supplier juga melampirkan print out rekening tiga bulan terakhir sebagai bukti kemampuan finansial. Pemenuhan syarat melampirkan print out rekening tiga bulan tersebut dikarenakan, pelaksanaan DAK tersebut menggunakan tipe swakelola yang tidak menggunakan uang "down payment" atau DP atau pembayaran uang muka.


"Karena pelaksanaan swakelola itu tidak memakai DP, jadi harus ada bukti kesiapan atau kemampuan supplier secara finansial yang dibuktikan melalui lampiran print out rekening tiga bulan terakhir," ujar Ketut Suardana.


Ketut menegaskan calon supplier juga wajib mengajukan surat keterangan berpengalaman mengerjakan proyek pembangunan. Pengajuan surat pengalaman kerja tersebut sebagai bukti bahwa supplier yang akan ditetapkan ini betul-betul memiliki kompetensi berdasarkan pengalaman kerjanya tersebut.


"Disamping itu, supplier juga akan diminta mengirimkan lokasi usaha mereka berdasarkan google map karena sewaktu-waktu akan dilakukan verifikasi faktual sebagai bukti bahwa usaha yang mereka lakukan benar-benar ada dan nyata," timpalnya.


Menurut dia, dalam penilaian yang dilakukan pihaknya, lokasi usaha calon supplier yang berdekatan dengan lokasi sekolah penerima DAK, sehingga sangat menentukan penilaian.


"Itu merupakan bobot poin yang tertinggi, karena sistem swakelola yang digunakan diprioritaskan bagi supplier maupun tenaga kerja yang berada di sekitar lingkungan sekolah. Jadi penentuan supplier tersebut dilakukan secara ketat melalui sejumlah pemenuhan syarat yang wajib dipenuhi oleh para calon supplier sebelum penetapannya," katanya.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4