24 C
id

Kampung Wisata Loang Balok Raih Juara Pertama dan Desa Buwun Sejati Harapan Dua ADWI 2022

Keterangan Foto: Info grafik

iteNTB - Kampung wisata Loang Baloq di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat berhasil  meraih juara pertama kategori souvenir di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan dalam ajang AWDI 2022, NTB mendapatkan dua, yakni Kampung Wisata Loang Baloq, Kota Mataram yang meraih juara satu kategori souvenir dan desa wisata Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat juara harapan dua dalam kategori desa wisata rintisan.


"Kami mengucapkan selamat kepada Kampung Wisata Loang Balok yang meraih juara satu kategori souvenir dan desa wisata Buwun Sejati yang mendapat juara harapan dua dalam kategori desa wisata rintisan di AWDI 2022," ujarnya di Mataram, Senin.


Ia mengatakan untuk juara pertama mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp30 juta, juara dua dapat Rp25 juta juara tiga dapat Rp20 juta. Sedangkan juara harapan satu Rp15 juta, juara harapan dua Rp10 juta.


"Penganugerahan ADWI 2022 sudah dilakukan kemarin malam, Minggu (30/10) berlangsung di Ballroom Susilo Sudirman Kemenpar RI," terang Yusron Hadi.


Yusron menyatakan ada 11 kategori diperebutkan oleh 50 desa disata (Dewi) yang masuk tahap akhir dari pendaftar sebanyak 3.500 Dewi di Indonesia.


"Alhamdulillah hasilnya lebih baik dari tahun 2021, di mana empat desa wisata kita masuk harapan satu," ucapnya.


Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB ini, berharap apa yang diraih dua desa di NTB itu dapat memacu desa-desa lainnnya untuk terus berkembang dan mandiri maupun maju.


"Para pengelola desa wisata kita supaya terus dapat menguatkan kerja team-nya dan membangun semangat kemandirian untuk keberlanjutan Dewi," katanya.


Diketahui NTB mendaftarkan sebanyak 153 desa wisata yang berasal di 10 kabupaten dan kota pada ajang AWDI 2022.


Sedangkan di ADWI 2021, NTB mendaftarkan 100 desa wisata. Dari jumlah itu, terpilih tiga desa wisata terbaik mewakili NTB.


Di antaranya desa wisata terbaik kategori toilet umum diraih Desa Wisata Bonjeruk dari Kabupaten Lombok Tengah.


Untuk kategori terbaik kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan (CHSE) terpilih Desa Wisata Sesaot di Kabupaten Lombok Barat.


Selanjutnya, kategori daya tarik wisata terpilih Desa Senaru di Kabupaten Lombok Utara.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4