24 C
id

Minat Wisatawan Melihat Hiu Paus di Sumbawa Tinggi

Keterangan Foto: Ilustrasi Hiu Paus.

iteNTB - Permintaan melihat wisata Hiu Paus di kawasan Teluk Saleh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat tinggi peminat.


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengakui permintaan dari sejumlah biro perjalanan untuk paket-paket penyeberangan ke kawasan Teluk Saleh tinggi.


"Dari informasi yang kami terima sudah terjadi krodit di Sumbawa, karena tingginya wisatawan yang ingin melihat Hiu Paus di Teluk Saleh," ujar Yusron di Mataram, Kamis.


Meski belum memiliki data pasti berapa tingkat kunjungan wisatawan untuk melihat salah satu fenomena langka itu, namun permintaan paket-paket wisata ini kata Yusron sangat tinggi datang dari Bali.


"Jadi yang jual paket-paket wisata ini biro-biro perjalanan wisata yang ada di Bali," katanya.


Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB ini mengatakan keberadaan Hiu Paus di kawasan Teluk Saleh saat ini menjadi daya tarik bagi pariwisata di Pulau Sumbawa khususnya dan NTB umumnya, sehingga menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara khususnya dari Bali menuju kawasan itu.


"Ini akan menjadi salah satu andalan daya tarik pariwisata kita," katanya.


Namun demikian, menurut Yusron, tingginya permintaan untuk melihat Hiu Paus tersebut perlu juga dibarengi dengan pengaturan khususnya transportasi laut, sehingga tidak merusak ekosistem di perairan tersebut sebagai habitat Hiu Paus.


"Jadi untuk transportasi ini juga perlu kita atur, supaya apa biar lingkungannya jadi terjaga. Karena kita tidak ingin ke depannya kalau ini krodit menimbulkan persoalan baru di kemudian hari,' katanya.


Untuk menuju kawasan Hiu Paus ini, wisatawan harus menuju Desa Labuan Jambu sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa.


Desa Labuan Jambu terletak di Kecamatan Tarano dan merupakan desa pesisir dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan.


Dari Desa Labuan Jambu menuju Kawasan Teluk Saleh tempat Hiu Paus berada, ditempuh menggunakan perahu nelayan setempat dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.


Keberadaan Hiu Paus di Kawasan Teluk Saleh bisa dikatakan hampir sepanjang tahun. Namun, untuk mendapatkan visibility terbaik saat snorkeling dan berinteraksi dengan ikan raksasa ini, sebaiknya berkunjunglah di Bulan Agustus hingga Bulan November.




Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4