24 C
id

Nurdin Ranggabarani Optimis Amankan Satu Kursi Dari 4 Kursi di DPD RI

Keterangan Foto: Bakal calon DPD RI Nurdi Ranggabarani bersama Ketua DPW Perindo NTB, Khairul Rizal yang didampingi pengurus saat mendaftar ke Kantor KPU NTB di Jalan Langko Mataram, Minggu (14/5/2023).

iteNTB - Politisi senior di Nusa Tenggara Barat, Nurdin Ranggabarani optimis mampu mengamankan satu kursi dari empat jatah kursi senator di DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang.


Nurdin Ranggabarani mengatakan pencalonannya sebagai bakal calon DPD RI sebagai bentuk penghidmatan untuk masyarakat di pulau di NTB, yakni Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dan tiga suku besar yakni Sasak, Samawa, dan Mbojo.


"DPD ini sumbangsih saya untuk masyarakat NTB," ujarnya saat mendaftar ke Kantor KPU NTB di Jalan Langko Mataram, Minggu (14/5/2023).


Nurdin menegaskan sebagai wakil masyarakat NTB, dirinya siap memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi warga Bumi Gora sesuai dengan tugas dan fungsi DPD RI.


Karena menurutnya sesuai dengan kewenangan DPD RI memiliki peran yang cukup besar bagi daerah. Baik dari sisi, regulasi terutama mengawal otonomi daerah, dan perimbangan keuangan daerah.


"Ada banyak yang bisa dilakukan DPD RI untuk masyarakat, salah satunya bagaimana merealisasikan pemekaran Kabupaten Lombok Selatan, Kota Samawa Rea, dan Kabupaten Bima Timur. DPD bisa merealisasikan dan mewujudkan daerah otonomi daerah itu," ujarnya dihadapan para pendukungnya di KPU NTB.


Sementara dari sisi perimbangan keuangan daerah. Sesuai dengan tugas dan fungsi DPD RI bisa melakukan pengawasan dan pengembangan ekonomi strategis di NTB. Melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang ada di Lombok juga bisa dikembangkan di Pulau Sumbawa.


Mantan anggota DPRD NTB ini menepis jika DPD RI dikatakan tidak memiliki peran  buat daerah dan lemah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di tingkat nasional. Padahal, menurutnya DPD RI mempunyai wewenang yang cukup besar sama halnya dengan DPR RI.


"Kalau di katakan lemah carik yang kuat. Tidak ada kewenangan lemah tapi ini tergantung yang pegang. Kalau lemah ganti semua supaya maksimal," tegas anggota DPRD lima periode ini.


Untuk itu, kelak jika terpilih sebagai anggota DPD RI, dirinya akan mempersatukan gerakan masyarakat baik di NTB dan pemerintah daerah baik provinsi dan 10 kabupaten dan kota di NTB untuk sama menyuarakan aspirasi rakyat NTB kepada pemerintah pusat.


"Kita tidak bicara jumlah apakah 100 ribu atau 200 ribu karena suara DPD ini di rangking. Ada 4 besar yang di ambil dan dari empat kursi salah satunya di isi Nurdin Ranggabarani," pungkasnya.



Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4