24 C
id

Situasi Politik di NTB Aman Menjelang Pilpres dan Pileg 2024

Keterangan Foto: Kepala Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) NTB, Ruslan Abdul Gani.

iteNTB - Situasi politik di Nusa Tenggara Barat relatif aman menjelang pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2024 mendatang.


Kepala Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) NTB, Ruslan Abdul Gani mengatakan dinamika politik di NTB aman dan tidak terpengaruh situasi politik pemilihan presiden (Pilpres) yang terjadi di Jakarta.


"Walaupun eskalasi politik pusat memanas tetapi di daerah secara umum relatif aman dan stabil," ujarnya kepada wartawan di Mataram, Rabu.


Ia mengatakan meski situasi di daerah tidak seperti di Jakarta, namun Kesbangpoldagri tetap melakukan pemantauan terhadap situasi politik di NTB. 


Begitu juga kordinasi dengan pihak terkait seperti TNI dan Polri juga tetap dilaksanakan. 


Sementara untuk daerah rawan konflik, Ruslan menyatakan Kesbangpoldari juga telah memetakan kawasan atau daerah yang rawan konflik. Namun Ruslan Abdul Gani enggan membeberkan daerah mana saja yang rawan konflik. 


"Pasti ada daerah rawan konflik meski tidak terjadi pemilihan umum, sedikit gesekan maka bisa memicu polemik, tetapi secara umum kondisi di NTB relatif aman," ujarnya. 


Kesbangpoldagri NTB sendiri tetap melakukan pengawasan dan edukasi masyarakat mensosialisasikan wawasan kebangsaan dan bidang sosial budaya dan ekonomi. 


Oleh karena itu, ia pun mengimbau masyarakat agar tetap menjaga situasi daerah tetap kondusif.


"Edukasi-edukasi terus kita lakukan dengan melibatkan tokoh agama, masyarakat dan TNI/polri agar stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga dan kondusif memasuki tahun politik seperti saat ini," tandasnya.


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4