24 C
id

Presiden Jokowi Resmikan Lima Jalan di NTB Senilai Rp211,84 Miliar

Keterangan Foto: Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, Penjabat Bupati Lombok Barat, Ilham, Anggota DPR RI Suryadi Jaya Purnama, dan Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda meresmikan lima ruas jalan di NTB di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (2/5/2024).

iteNTB - Presiden Jokowi meresmikan lima ruas jalan yang anggarannya pembangunannya menggunakan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis pagi (2/5/2024).


Dalam peresmiannya, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, Penjabat Bupati Lombok Barat, Ilham, Anggota DPR RI Suryadi Jaya Purnama, dan Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda 


Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan pembangunan dan perbaikan jalan di Provinsi NTB yang di bangun dan diselesaikan pada tahun 2023, sebanyak lima ruas jalan di empat kabupaten.


"Ada di Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa dan ada di Bima," kata Jokowi saat meresmikan Jalan Segmen Lembar-Gili Mas, Kamis pagi.


Jokowi menyebutkan, total anggaran perbaikan dan pembangunan jalan di lima titik di empat kabupaten tersebut dengan total panjang 40,63 kilometer yang menelan anggaran biaya mencapai Rp 211,84 miliar.


"Ini anggaran yang tidak kecil," ujar Jokowi. 


Ia menjelaskan, dengan adanya perbaikan lima titik jalan tersebut yang tersebar di empat kabupaten di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa diharapkan mampu memperlancar pergerakan logistik semakin baik menuju ke kawasan-kawasan logistik yang ada di NTB.


"Baik ke kawasan pertanian, kawasan perkebunan, semuanya bisa ditunjang oleh jalan yang baik," katanya. 


Oleh karena itu, lanjut Presiden Jokowi pemerintah bersama jajaran secara langsung dapat meresmikan pelaksanaan inpres lima jalan di NTB.


Lima ruas Jalan Inpres Daerah yang diresmikan Presiden Jokowi di NTB itu, di antaranya Jalan Lembar - Sekotong - Pelangan (Segmen Lembar - Gili Mas) yang berlokasi di Kabupaten Lombok Barat. Total panjang jalan ini mencapai 7, 47 kilometer dengan anggaran sebesar Rp87,11 miliar.


Selanjutnya Jalan Polamata - Jelenga yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Total panjang jalan ini mencapai 2,1 kilometer dengan anggaran sebesar Rp15,74 miliar.


Kemudian Jalan Sabedo Dalam - Bukit Planing berlokasi di Kabupaten Sumbawa. Total panjang jalan ini mencapai 4,2 kilometer dengan anggaran sebesar Rp22,75 miliar. Jalan Lenangguar - Teladan juga berlokasi di Kabupaten Sumbawa. Total panjang jalan ini mencapai 1,6 kilometer dengan anggaran sebesar Rp9 miliar. 


Jalan Wilamaci - Karumbu - Sape yang berlokasi di Kabupaten Bima. Total panjang jalan ini mencapai 25,26 kilometer dengan biaya mencapai Rp77,24 miliar.


Secara keseluruhan total ruas jalan yang di resmikan Presiden Jokowi melalui Jalan Inptes Daerah di NTB sebanyak lima ruas dengan total panjang 40,63 kilometer. Sedangkan, total biaya keseluruhannya mencapai Rp211,84 miliar.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4